Headlines News :
handphone-tablet
Home » » Home Schooling Islami?

Home Schooling Islami?

Written By elkayis on Sabtu, 26 Januari 2013 | 22.50

” Kadang ketika homeshooling, kita terjebak dengan akademik,  bangga luar biasa ketika anak tahu fakta-fakta penting seperti tentang luar angkasa. Padahal itu bukan yang utama. Kita menyiapkan anak supaya mendapatkan pekerjaan bagus ketika besar, padahal kita tidak bisa memastikan bahwa dia akan hidup sampai usia tersebut. Kematiaan adalah kepastian.”

Ucap seorang ibu HSer kepada saya di sebuah kesempatan chatting. Jlebb. Berasa ibu itu sedang membicarakan saya, waktu membaca tulisannya. Ya, saya merasa sedang terjebak di dalamnya. Saya sangat senang ketika anak-anak paham tentang fungsi tulang dalam tubuhnya, saya senang ketika mereka tahu bahwa tumbuhan perlu air untuk hidup. Dan ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Tapi kadang terlewatkan mengajarkan siapa yang mencipta itu semua. Kadang tidak membahas tentang kebesaran Rabb mereka, atas terjadinya semua itu…

Apalagi berbagai godaan timbul ketika anak-anak orang lain sudah mulai bisa calistung. Seakan tidak ada yang lebih penting darinya. Saya mulai mencari-cari metode pengajaran calistung yang cocok bagi mereka, mencoba-coba menerapkannya. Jika gagal, cari metode lainnya. Tapi kadang saya lupa, ada yang lebih penting dari itu. Pelajaran akhlaq dan adab seorang muslim, yang akan mereka bawa sampai besar nanti. Yang akan melekat dan menjadi karakter mereka nantinya.

Lalu saya pun teringat sebuah kalimat yang kira-kira berbunyi:

” Tidak ada kata terlambat untuk belajar membaca. Bisa dimulai kapan saja. Bisa ketika usia TK, remaja, dewasa, bahkan ketika menginjak tua! Jika belajar secara intensif dan serius, orang akan bisa membaca dalam waktu kurang lebih 6 bulan saja! Tapi, untuk mendapatkan karakter yang baik, tidak bisa dibentuk ketika sudah dewasa nanti, apalagi tua!

Ougghhhh…. Tersindir lagi saya!

Semoga sebelum terlambat, saya ingin mengembalikan arah homeschooling kami ke arah tujuan homeschooling kami semula. HOMSCHOOLING ISLAMI…. biidznillah.

Homeschooling yang mempelajari tentang kebesaran Allah, lewat segala ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang mengantarkan kami pada lurusnya aqidah, bahwa hanya Allah lah yang Menciptakan, hanya kepada Allah lah kami beribadah, dan bahwa Allah mempunyai Nama-nama yang indah, beserta sifat-sifatnya.

Homeschooling yang dapat membentuk karakter mereka nantinya. Yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alayhi wassalam, lewat akhlaq dan budi pekerti yang baik. Adab seorang muslim yang terpuji, seperti yang dimiliki oleh sahabat-sahabat radhiyallahu ‘anhum.

Homeschooling yang meniru semangat para penuntut ilmu, dari umat-umat terdahulu, dan ulama-ulama Islam yang mengantarkan Islam menjadi gilang gemilang biidznillah.

Homeschooling yang tidak hanya baik untuk dunia mereka, tapi yang dapat menyelamatkan akhirat mereka.

Aamiiiin.

Diambil dari

http://diaryummuaisyah.wordpress.com/2011/11/18/homeschooling-islami/
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yayasan Al-Kayis Banten - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger